Media Pembelajaran PAI dengan Macromedia Flash
Untuk
pembuatan media pembelajaran yang akan di buat guru harus memperhatikan
beberapa hal secara
umum, langkah-langkah pembuatan media pembelajaran, sebagai berikut:
1. Menganalisis kebutuhan peserta didik
Seorang guru perlu menggali ide atau gagasan tentang inovasi media
pembelajaran yang dapat digunakan disekolah untuk meningkatkan efektivitas
pembelajaran yang dilakukan. Dengan kompleksitas materi pelajaran yang ada
dapat dianalisis tentang berbagai jenis
dan bentuk media, guru mengidentifikasi berbagai jenis media pembelajaran yang potensial untuk dikembangkan oleh guru. Sehingga ide yang di dapat
bisa dimunculkan melalui membaca buku, melihat karakter peserta
didik, diskusi dengan rekannya atau dengan melihat media yang
lain sehingga akan terinspirasi
penggunaan media. Dapat di artikan bahwa setiap peserta didik bersifat
unik, dan memiliki gaya belajar yang berbeda, serta ketertarikan dari materi yang cukup beragam dari
semangat yang di dapat sehingga Guru perlu
melakukan identifikasi tentang permasalahan belajar peserta didik, termasuk
pengetahuan awal maupun pengetahuan yang dimiliki dan pada tingkat kebutuhan
peserta didik yang terkait dengan mata pelajaran yang ada.
2. Merumuskan tujuan
Seorang guru harus melakukan perumusan
tujuan yang jelas dan terukur, terarah dan akurat,sehingga dapat
memberi arah tujuan kepada tindakan-tindakan yang akan dilakukan dalam
mengembangkan media yang di buat nantinya bisa sesuai dengan
tujuannnya jelas.
3. Menentukan kerangka isi bahan
media, dan Jenis Media
Penyusunan
isi/materi dari media yang akan dikembangkan pada awal pengembangan gagasan, seorang guru sebenarnya sudah memiliki
gambaran tentang jenis media yang akan dibuatnya. Namun guru dapat
memikirkan
secara cermat dan menentukan bahan meida yang dibuat.
Seorang
guru juga menentukan jenis media yang akan dikembangkan, sehingga potensi yang ada di lingkungan
sekolah, mencakup ketersediaan bahan, peralatan, kemampuan guru, perlu
dipertimbangan juga untuk menentukan jenis media yang di
kembangkan
beserta isi media sesuai dengan tampilan yang di perlihatkan dalam kerangka
pembuatan media.
4. Partisipasi peserta didik
Keikutsertaan
peserta didik dalam memberikan ide akan menambah bagi Seorang guru memiliki rencana tindak lanjut, bagaimana media pembelajaran akan digunakan dalam pembelajaran? sehingga
dapat sinergi antara tujuan yang ingin dicapai dan penggunaan model dan macam
media yang digunakan agar peserta didik dapat
berpartisipasi.
5. Membuat slide atau
tombol
Untuk
pembuatan media ada slide dan tombol hal ini berpengaruh agar ketika slide atau
tombol yang di klik sesuai dengan yang diinginkan. Sebagai gambaran untuk
penentuan slide dan tombol dan proses pembuatannya, perlu dibuat rancangan
slide yang menarik dari media yang akan dikembangkan. Slide atau
tombol yang
dibuat dalam bentuk yang sederhana atau komplek tergantung guru yang berinovasi.
6. Menentukan rancangan
media
Rancangan
media
perlu ditentukan agar media dapat dibuat dengan mudah serta
terarah, sehingga dapat diupayakan rancangan yang digunakan ada dan mudah
diperoleh, dan menggunakan video, image yang ada.
7. Pelaksanaan pembuatan media
Sebisa
mungkin pembuatan media bisa dikerjakan oleh guru sendiri dapat dihindari pembuatan media yang
dikerjakan oleh pihak lain, apalagi harus mengeluarkan biaya. Guru perlu
melakukan simulasi penggunaan media dalam pembelajaran apabila memungkinkan guru bisa melakukan tes penggunaan media dalam pembelajaran di kelas.
Berdasarkan hasil tes atau uji coba guru melakukan penyempurnaan
terhadap media yang di buatnya.
8.
Melaksanakan evaluasi Media dan metode
Seorang guru yang telah menyelesaikan pembuatan
media
dikembangkan digunakan dalam pembelajaran harus di evaluasi. Selama dalam proses
pembelajaran, identifikasi berbagai kekurangan media dapat di
perbaiki dengan demikian juga penggunaan metode
pembelajaran harus selaras dengan media yang dikembangkan sesuai atau
tidak.
Belum ada Komentar untuk "Media Pembelajaran PAI dengan Macromedia Flash"
Posting Komentar