Struktur Sekolah Penggerak

 




Kurikulum Sekolah Penggerak Tahun 2021

Pemerintah mempunyai sebuah kebijakan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1177 /M/ 2020 tentang program sekolah penggerak kemudian dilanjutkan keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan riset dan teknologi Republik Indonesia Nomor 162/M/2001 tentang program sekolah penggerak memberikan kekuatan yuridis maka dari program sekolah penggerak dilaksanakan dengan kurikulum sekolah penggerak sebagai memperkuat dan peningkatan mutu berikut sebelumnya oleh karena itu terdapat beberapa penyempurnaan dalam kurikulum sebagai penggerak keputusan Mendikbud RI dijelaskan bahwa fokus program sekolah penggerak adalah

Peningkatan kompetensi peserta didik secara holistik untuk mendorong peserta didik memiliki profil belajar Pancasila program sekolah penggerak dilaksanakan pada satuan pendidikan j

1.       Jenjang S1 PAUD usia 5-6 tahun

2.       Sekolah Dasar

3.       SMP

4.       SMA

5.       SLB

Karakteristik kurikulum program sekolah penggerak karakteristik SK PSP bahwa kurikulum ini :

1. Berbasis kompetensi

Artinya ranah hasil belajar meliputi aspek pengetahuan dan keterampilan serta sikap merupakan satu kesatuan rangkaian dalam proses yang berkelanjutan pada akhirnya akan membangun kompetensi yang holistik kompetensi holistik ini sebagai hasil belajarnya disebut dengan capaian pembelajaran atau Cp

2. Fleksibelitas pembelajaran

 adanya penguraian isi dan muatan pelajaran ditunjukkan agar Siswa memiliki waktu yang cukup dan memadai menguasai kompetensi yang hendak dicapai kemudian Siswa memiliki kesempatan yang cukup untuk belajar sesuai dengan great ketercapaiannya

3. Karakter Pancasila

Dalam pelaksanaannya kegiatan pembelajaran dapat diselesaikan dengan kegiatan sehari-hari berorientasi pada pencapaian penumbuhan dan penguatan profil belajar Pancasila berapa aspek yang digunakan dalam kurikulum sebelumnya antaranya struktur minimum berkaitan dengan pengembangan program dan kegiatan sesuai dengan sumber daya yang tersedia dan visi serta   misi Pendidikan, otonomi yang berarti pembelajaran yang konteks serta sesuai dengan arah kebijakan pemerintah, sederhana artinya sekolah dapat menentukan arah perubahan dengan rancangan yang jelas dan dapat dipraktekkan dengan optimal, Gotong royong melibatkan berapa institusi dan rancang kurikulum dan bahan ajar.

sebagai praktisi dalam dunia pendidikan

Belum ada Komentar untuk "Struktur Sekolah Penggerak "

Posting Komentar

Silahkan komentar sesuai topik yang di bahas, dan jangan memasang link.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel