Contoh Soal Pretes PPG PAI
Kisi-kisi no 1 Disajikan narasi tentang tanah di satu daerah
yang disewakan oleh pemiliknya kepada perusahaan, mahasiswa dapat menentukan
pihak yang wajib mengeluarkan zakat tanah sewaan tersebut
1.
Menurut jumhur ulama yang diperkuat oleh firman
Allah swt dalam surat al-An’am ayat 141, jika tanah itu disewakan kepada orang
lain, siapa yang wajib mengeluarkan
zakat hasil tanah yang disewakan?…
a.
si pemilik tanah.
b.
si penyewa tanah
c.
si pemilik tanah dan si penyewa tanah
d.
jawaban a, b dan c salah
2.
Berkenaan dengan tanah yang disewakan,
kedua-duanya baik si pemilik tanah maupun si penyewa sama-sama wajib
mengeluarkan zakat adalah pendapat….
a.
Sayyid Sabiq
b.
Abu Zahra …..
c.
Imam Syai’i
d.
Mahmud Syaltut
3.
jika tanah
disewakan kepada orang lain yang membayar sewa adalah yang mempunyai
tanah dengan alasan tanah itulah hasil
yang diperoleh, tanpa tanah tak akan dapat dihasilkan apa-apa…. Pendapat ini menurut ulama…
a.
Sayyid Sabiq
b.
Abu Hanifah.
c.
Imam Syai’i
d.
Mahmud Syaltut
4.
Berikut ini adalah tokoh ulama berpendapat bahwa
penyewa tanahlah yang wjib membayar zakat, kecuali….
a.
Mahmud Syaltut
b.
Imam Malik, Syafi’i,
c.
Imam At-Tsauri dan Imam Ibnu Mubarak .
d.
Abu Hanifah ……
Kisi-kisi no 2 Disajikan narasi tentang
penghasilan seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan BUMN dalam setiap
bulan, mahasiswa dapat menentukan besaran penghitungan zakat profesi yang
dikenakan dalam setiap bulan ketika yang bersangkutan mendapatkan gaji
bulanannya
5.
Pak Ahmad adalah karyawan BUMN, setiap bulan mendapat gaji Rp 8.000.000,-.
Dari gaji tersebut, Pak Ahmad mengeluarkan keperluan pokok rumah tangga
Rp1.000.000,-, membayar sekolah 2 orang anak Rp1.000.000,-, membayar cicilan
rumah Rp. 550.000,- dan membayar listrik Rp100.000,-. Jika harta ini dapat
dianalogikan pada zakat pertanian berdasarkan nisab sebesar 653 kg gabah kering
giling (setara dengan 522 kg beras) dengan waktu pengeluaran zakat (haul)nya
setiap kali menerima penghasilan (gaji). Sementara harga beras per kg nya
Rp.8500 . Berapakah Pak Ahmad harus membayar zakatnya?..….
a.
Rp. 1.464.000
b.
Rp. 2.400.000
c.
Rp. 133.750
6.
Abdul Baqi adalah seorang karyawan swasta yang
berdomisili di Bogor. Ia mempunyai seorang istri dan dua orang anak yang masih
kecil. Penghasilan bersih per bulannya adalah Rp 5.000.000,-.… Jika Nisab 522 kg beras harganya
@Rp 7.000 (relatif). Berapakah zakat yang dikeluarkan Abdul Baqi?
a.
……
b.
……
c.
……
d.
125.000
JAWAB:
1. Menentukan nisab dulu. Dalam hal ini adalah 7000 X 522 = 3.654.000
2. Penghasilan bersih per bulannya adalah Rp 5.000.000 < (diatas nisab
4.437.000)
3. Maka pak ahmad membayar zakat profesinya adalah 2.5 % X 5.000.000 = 125.000
Kisi-kisi
no 3 Diberikan deskripsi contoh pemberian zakat kepada mustahiq, mahasiswa
dapat menentukan ketentuan, bentuk dan macam zakat produktif dalam Islam.
7.
Dibawah ini termasuk zakat Konsumtif tradisional…
a.
zakat fitrah
b.
bea siswa
c.
pemberian ternak dan alat pertukangan.
d.
modal usaha
8.
siapakah pihak yang paling berperan dalam zakat produktif …?
a.
kreatifitas mustahiq untuk menjadikan zakat
sebagai modal yang terus dikembangkan
b.
Muzakki selaku yang memberi modal
c.
Masyarakat lingkungan mustahiq
d.
Jawaban a, b dan c benar
9.
Keberadaan zakat bagi penerimanya yang berpotensi
untuk membangun dan meningkatkan perekonomian, kecuali…
a.
Konsumtif tradisional
b.
konsumtif kreatif
c.
Produktif tradisional.
d.
produktif kreatif
10.
Dibawah ini termasuk zakat konsumtif kreatif …
a.
zakat fitrah
b.
bea siswa
c.
pemberian ternak dan alat pertukangan.
d.
modal usaha.
11.
Dibawah ini termasuk zakat produktif tradisional …
a.
zakat fitrah
b.
bea siswa
c.
pemberian ternak dan alat pertukangan.
d.
modal usaha.
12.
Dibawah ini termasuk zakat produktif kreatif…
a.
zakat fitrah
b.
bea siswa
c.
pemberian ternak dan alat pertukangan.
d.
modal usaha.
13. Alasan adanya zakat
produktif dengan memberikan zakat kepada
mereka untuk bisa dijadikan sebagai
modal usaha adalah dibawah ini .…
a.
fuqara dan masakin
memiliki keahlian yang dapat dikembangkan apabila memiliki modal
b.
Banyak fuqara dan masakin yang ingin usaha tapi mereka tidak
memiliki modal
c.
dapat meningkatkan status ekonominya dan sekaligus
mengembangkan keahlian yang mereka miliki.
d.
Jawaban a, b dan c benar
14.
Menurut Abdurahman Hasan, Imam Abu Zahra, dan
Abdl Wahab Khallaf bahwa berkenaan nisab zakat profesi, adalah…
a.
seharga emas 93,6 gram
b.
Diqiyaskan dengan zakat pertanian yang pengairannya
menggunakan mesin yatiu sebesar 5 %..
c.
Sekurang-kurangnya lima wasaq atau 300 sha atau sekitar 930
liter atau 653 kg.
d.
Jawaban b dan c benar
15.
Sesungguhnya keberadaan zakat produktif itu dapat
dibenarkan karena sesuai dengan…
a.
QS Al Baqarah 273.
b.
QS Al Baqarah 275
c.
QS Al Baqarah 279
d.
QS Al Baqarah 230
16.
Mengeluarkan zakat profesi dengan cara ta’jil adalahi ….
a.
Mngeluarkan dengan segera pada saat menerima gaji
b.
Mengeluarkan segera pada waktu sempat
c.
Mempercepat sebelum menerima gaji/honor.
d.
Mengeluarkan kapan saja setiap bulan
Kisi-kisi no 4 Diberikan deskripsi tentang
distribusi pembagian zakat untuk pembangunan masjid di satu daerah, mahasiswa
dapat menentukan kategori dan besaran alokasi zakatnya
17. distribusi
pembagian zakat untuk pembangunan masjid di satu daerah, termasuk kelompok mana
zakat untuk pembangunan mesjid yang sesuai QS atTaubat 60….
a.
Ghorim
b.
Ibnu Sabil
c.
sabilillah.
d.
Mu'allaf
18.
Tokoh-tokoh yang membolehkan zakat untuk masjid
adalah sebagai berikut, kecuali…
a.
Mahmud Syaltut
b.
al-Maraghi
c.
Yusuf Qardhawi.
d.
Abdurrahman Hasan
19.
Menurut Mahmud Syaltut penyaluran zakat untuk
masjid adalah…
a.
Masjid baru karena masjid lama sudah lama
bangunannya
b.
Masjid baru karena berada pada mayoritas muslim
c.
Masjid baru arena di pemukiman yang padat.
d.
Masjid baru yang dibangun karena masjid yang
berdekatan sudah tidak mampu lagi untuk menampung jamaah.
20.
Berikut ini factor keabsahan pembangunan masjid
menjadi salah satu mustahiq, kecuali…
a.
Nilai kemashlahatan
b.
Berlebih dana zakat
c.
Kepentingan syariat.
d.
Sarana peribadatan
Kisi-kisi no Disajikan deskripsi konseptual
tentang nikah dalam Islam menurut pandangan para ulama fikih, mahasiswa dapat menyimpulkan
kedudukan hukum nikah dalam Islam
21. Bagi orang yang merindukan pernikahan dan mampu
memberi nafkah tapi sebenarnya ia masih mampu menahan dirinya dari perbuatan
zina, maka dihukumi …
1.
Wajib
2.
Makruh
3.
Sunah
4.
Haram.
22. Bagi orang yang telah mampu memberi nafkah,
jiwanya terpanggil untuk nikah dan jika tidak nikah, khawatir terjerumus ke
lembah perzinahan, maka nikah baginya dihukumi …
a.
Wajib
b.
Makruh
c.
Sunah
d.
Haram
Kisi-kisi no 6: Diberikan deskripsi konseptual
tentang tujuan pernikahan dalam Islam menurut pandangan ulama fikih, mahasiswa
dapat menyimpulkan tujuan pernikahan dalam Islam berdasarkan hukum monogamy
dalam Islam
23.
Berikut ini adalah Tujuan dari perkawinan
monogamy kecuali….
a.
Naluri kebapakan dan keibuan berkembang dalam
menaungi anak dimasa kanak-kanak serta
tumbuhnya rasa kasih sayang.
b.
untuk menghantarkan keluarga bahagia akan lebih mudah karena
tidak terlalu banyak beban
c.
untuk memberikan landasan dan modal utama dalam
pembinaan kehidupan rumah tangga yang harmonis, sejahtera dan bahagia.
d.
akan lebih mudah untuk menetralisir dan meredam sifat
cemburu, iri hati dan perasaan mengeluh dalam kehidupan isteri sehari-hari.
24. Naluri kebapakan dan
keibuan berkembang dalam menaungi anak
dimasa kanak-kanak serta tumbuhnya rasa kasih sayang …
Pernyataan diatas jika dikaitkan dengan pernikahan lebih tepat diposisikan
sebagai…
a.
Tujuan
b.
hikmah
c.
Faidah
d. Fungsi
25. memberikan
landasan dan modal utama dalam pembinaan kehidupan rumah tangga yang harmonis,
sejahtera dan bahagia … Pernyataan ini jika dikaitkan dengan
pernikahan lebih tepat diposisikan sebagai…
1.
Tujuan
2.
hikmah
3. Faidah
4. Fungsi
26. Salah satu
hikmah dari sebuah pernikahan adalah membagi-bagi pekerjaan dan membatasi
tanggung jawab pekerjaan kepada suami dan isteri…. Hal ini menurut
ulama…
a.
Yusuf al Qardhawi
b.
Sayyid Sabiq
c.
Al Ghazali.
d.
Mahmud Syaltut
Kisi-kisi no 7. Disajikan
deskripsi kasus dalam satu masyarakat tentang adanya seorang lakilaki yang
beristri lebih dari satu (poligami), mahasiswa dapat menelaah persyaratan
dibolehkannya untuk berpoligami dalam ajaran Islam
27.
Menurut Yusuf Qardhawi, kondisi darurat yang
dengannya seorang laki-laki dibolehkan berpoligami adalah sebagai berikut,
kecuali:.…
a.
Ditemukan seorang suami yang menginginkan
keturunan, akan tetapi ternyata isterinya tidak dapat melahirkan anak
disebabkan karena mandul atau penyakit
b.
Di antara suami ada yang memiliki overseks, akan
tetapi isterinya memiliki kelemahan seks, memiliki penyakit atau masa haidhnya
terlalu panjang sedangkan suaminya tidak sabar menghadapi kelemahan isterinya
tersebut
c.
Jumlah wanita lebih banyak dibanding jumlah
laki-laki, khususnya setelah terjadi peperangan.
d.
Adanya seorang laki-laki kaya dan mampu membiayai
semua kebutuhan dalam berpoligami.
Kisi-kisi no 8 Diberikan narasi kasus di satu
daerah terkait adanya nikah mut'ah yang dilakukan oleh laki-laki dengan
perempuan setempat, mahasiswa dapat menyimpulkan hukum nikah mut'ah dalam ajaran
Islam
28.
Alasan-alasan diperbolehkannya nikah mut’ah di
jaman nabi kecuali….
a.
Merupakan keringanan hukum (rukhsah) untuk
memberikan jalan keluar dari problematika yang dihadapi oleh dua kelompok orang
yang imannya kuat dan imannya lemah
b.
Sebagai langkah perjalanan hukum Islam menuju
ditetapkannya kehidupan rumah tangga yang sempurna untuk mewujudkan semua
tujuan pernikahan
c.
Nikah mut’ah termasuk kelonggaran hukum Islam
karena adanya nilai positif didalamnya.
d.
umat ketika itu berada pada “masa transisi” dari
dunia Jahiliyah ke dunia Islam..
29.
Pernyataan berikut ini adalah alasan yang
dikemukakan oleh jumhur ulama tentang penetapan hukum mut’ah adalah haram
kecuali….
a.
Kebolehan nikah mutah sudah dihapus hukumnya
b.
Menimbulkan mudharat bagi kehidupan keluarga
c.
Terjadi pelakuan diskiminatif terhadap para
wanita
d.
Bagian dari hak suami untuk memperlakukan istrinya
30.
Di kalangan sahabat orang yang secara tegas mengharamkan
nikah mut’ah adalah….
a.
Umar bin
Khatab
b.
Abu Bakar as Sidiq
c.
Usman bin Affan.
d.
Ali Bin Abi Thalib
31.
Nikah mut’ah merupakan nikah yang diperbolehkan pada jaman nabi dengan banyak pertimbangan.
Namun setelah itu dilarang karena bertentangan dengan syariat. Hal itu
dikarenakan adanya….
a.
Ta’qit (pembatasan waktu)
b.
Ta’aqul
c.
Tawqif
d.
Tawaqut
Bagus, bisa menambah ilmu pengetahuan
BalasHapus